Cara Mudah Bikin Foto ala Timelapse

0 Comments




Timelapse adalah sekumpulan foto yang diambil dengan periode beraturan, kemudian disusun jadi klip video pendek. 


Membuat timelapse memang butuh kesabaran, karena bisa makan waktu berjam-jam. Objek yang difoto juga biasanya objek yang pergerakannya lambat. Contohnya seperti pergerakan awan, matahari terbit/terbenam, suasana kota, bintang-bintang di langit, dan lain-lain.


Hal pertama yang perlu kalian ketahui adalah durasi pengambilan foto. Untuk durasi video 15 detik pada kecepatan 30 fps. Jumlah foto yang harus diambil adalah 450 foto (15 detik x 30 fps. Contohnya ketika kalian ingin membuat timelapse awan dengan interval 10 detik. Itu berarti, dalam 10 detik harus mengambil satu foto. Satu menit, 6 foto. 75 menit, 450 foto. Sehingga kalau dijadikan video dengan kecepatan 30 fps, video timelapse tersebut hanya berdurasi 15 detik. 


Nah, agar interval antara satu foto dengan foto berikutnya lancar dan konsisten, kalian bisa memakai fitur di kamera yang namanya interval shooting atau kalian juga bisa menggunakan alat intervalometer.


Lanjut, hal yang harus ada kalo buat video timelapse adalah: 


  1. Memory.
Video timelapse itu memerlukan banyak foto. Kalo sampai 1000 foto lebih, pasti banyak makan memory. Jadi, harus siap-siap memory yang banyak ya.

  1. Tripod.
Tripod bisa menjadi bahan yang dibutuhkan saat kalian ingin membuat timelapse di luar ruangan. Karena dengan menggunakan tripod, foto yang akan kalian ambil akan konsisten dengan bentuk dan juga komposisinya. Jadi untuk kalian yang ingin menghasilkan foto dengan kualitas bagus, tripod sangat efektif digunakan agar foto tersebut tidak bergeser atau berpindah posisi.
  1. Intervalometer
Kalo kalian tidak memiliki fitur interval shooting, kalian bisa memnggunakan intervalometer sebagai capturer otomatis untuk membuat timelapse. Jadi kalian tidak perlu membidik foto satu persatu sesuai interval. Kalian cukup menggunakannya dengan cara mengatur ulang berapa interval yang kalian butuhkan. Alat tersebut akan memudahkan kalian untuk mengambil interval yang panjang maupun pendek.


Nah setelah kalian mengambil banyak foto, kalian bisa mengedit foto tersebut dengan kecepatan 30 fps. Sehingga video yang sudah jadi akan semakin menarik. Nah bagaimana? tertarik untuk mencoba?

Pictalogi Indonesia

Pictalogi memberikan layanan termudah untuk mencetak foto-foto kamu secara online tanpa perlu keluar rumah, dengan sumber Instagram, Facebook, dan gadget kamu

0 komentar: